Search
Search Menu

Pdt. Yusak Soleiman, Ph.D

Yusak 2FB_IMG_1532418861012-03Biodata Singkat:

Ketua STT Jakarta

Pengampu MK: Sejarah Agama Kristiani 1 dan 2, Sejarah Kekristenan Asia, Sejarah Gereja dan Teologi di Asia, dan Sejarah Perjumpaan Kristen dan Islam.

Email: y.soleiman@sttjakarta.ac.id

Profil Akademis:

Google Scholar

SINTA

Untuk biodata lengkap klik di sini.

 

1. “Unification of Lutheran and Reformed in 19th Century Batavia as Initiated by the King of the Netherlands (Gereja Immanuel)”

Dalam Jurnal: Mission Sparks. Edisi ke-2 – Desember 2016. ISSN: 2527-9890.  UEM. pp: 26-42.

Abstraksi:

Kata-Kata Kunci: 

Lihat Isi: Unification of Lutheran and Reformed in 19th Century Batavia (Gereja Immanuel) – Yusak Soleiman & Huub Lems

 

2. “Kontekstualisasi dan Penanaman Injil pada Awal Abad XXI”

Dalam Buku: 150 Tahun Pekabaran Injil Patekoan: Dari Gereja Tionghoa ke Gereja Kristen Indonesia. ISBN: 978-602-231-490-5. BPK Gunung Mulia, tahun 2018. Hal. 149 – 155.

Abstraksi: Dalam tulisan ini, penulis memberikan sedikit gambaran bagaimana proses dan pengaruh masuknya penginjilan protestan terhadap komunitas Cina-Perantauan di Batavia. Dalam perkembangan selanjutnya komunitas/gereja ini mengalami proses kontekstualisasi dan penanaman Injil yang mempengaruhi pembentukan identitas gerejawinya. Penulis juga mencoba memberikan perspektif global dan arahan untuk perjalanan ke depan menjadi Gereja tua yang mapan di dalam dinamika pergolakan Indonesia.

Kata-kata Kunci: Kontekstualisasi, Penanaman Injil, GKI, Komunikasi, Komunitas, Patekoan, Cina-Perantauan

Lihat Artikel Lengkap: Bab Buku 150 Tahun Pekabaran Injil Patekoan-Yusak Soleiman

3. “Menuju Eklesiologi Abad XXI Gereja-gereja di Indonesia – Perbandingan Antara Gereja-Gereja Ex-Zending di Pulau Jawa (GKP dan GKJ) dengan ex-PKNI (GPM dan GPIB)”

Dalam Buku: Gereja Orang Merdeka, Eklesiologi Pascakolonial Indonesia. ISBN: 978-602-17030-1-4. Makassar: Yayasan Oase Intim, tahun 2019. Hal. 303 – 332.

Abstraksi: Dalam tulisan ini menjelaskan bagaimana gelombang pertama kedatangan Protestantisme ke Hindia Belanda (Indonesia) yang dibawa oleh zending yang ditandai dengan munculnya de Gereformeerde Kerken (GK) dan gelombang kedua kedatangan Protestantisme dengan munculnya Protestantse Kerk in Nederlandsch Indie (PKNI). Gelombang kehadiran pertama itu sendiri adalah kenyataan gereja-gereja mandiri di Hindia Belanda yang mulai membentuk sinode-sinode antara lain GKP dan GKJ (Non-PKNI dan Non-GPI).

Kata-kata Kunci: Protestantisme, de Gereformeerde Kerken (GK), zending, PKNI. GPI, GKP, GKJ

Lihat Artikel Lengkap: Bab Buku Gereja Orang Merdeka – Yusak Soleiman

 

 

Leave a Comment

Required fields are marked *.